Curug Lembang

Read Time:7 Minute, 54 Second

Curug Lembang – Bandung Barat terkenal dengan relief alamnya yang unik. Terletak di pegunungan Sunda Besar Parba, di mana sungai Citarum Purba mengalir, sehingga menyembunyikan banyak air terjun yang indah.

Kurug berarti air terjun dalam bahasa sunda. Oleh karena itu, air terjun cantik ini tersembunyi di Bandung Barat!

Curug Lembang

Curug Lembang

Jangan fokus pada “tete” menikmati keindahan air terjun. Tapi fokus pada air terjun. Air terjun ini berada di Jalan Perkemahan Siwangun Indah, Sihanjuang Rahayu, Parongpong, Sihanjuang Rahayu, Kek. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat Wisata Alam Yang Menarik Di Lembang Bandung

Curug Tilu Leuwi Opat memiliki tiga tingkat air terjun dan empat kolam (leuwi) yang indah dan nyaman untuk berenang. Dengan membayar tiket seharga 10 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati sejuknya perairan Kurug Tilu Leyuvi Opat.

Curug Panganten terletak di Desa Padasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tempatnya memang jauh dan berada di tengah hutan pepohonan, namun lelahnya perjalanan terbayarkan setelah sampai di sana.

Air terjun ini berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut, tingginya sekitar 50 meter. Dengan relief yang indah di sekelilingnya, Anda akan mendapatkan foto-foto indah untuk menghiasi galeri media sosial Anda.

Air terjun ini terletak di Desa Pasangrahan, RT 02 RW 10, Desa Veninggalih, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Katanya, di air terjun itu ada gua dari zaman Belanda.

Curug Aleh, Air Terjun Tersembunyi Di Perbatasan Kota Bandung

Masyarakat sekitar menyebut Kurug Panyandan sebagai Kurug Orok. Disebut demikian air terjun ini karena ukurannya yang lebih kecil dari air terjun lainnya yang berada di aliran sungai Siddup.

Air terjun ini merupakan pemandangan wisata yang umum. Curug Cimahi terletak di Jl. Kol. Masturi, No.325, Kertawangi, Kecamatan Sisarua, Kabupaten Bandung Barat. Meski bernama Kurug Simahi, sebenarnya air terjun ini masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bandung Barat.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 15 ribu, Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun yang memantulkan cahaya dalam pelangi indah di malam hari. Air terjun Simahi mengalir dari sungai Simahi atau sungai Simahi.

Curug Lembang

Seperti Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Leuwi Kacapi terletak di Kema Siwangun Inda, Sihanjuang Rahayu, Parongpong, Sihanjuang Rahayu, Kek. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Wisata Curug Bandung Yang Lagi Hits

Air terjun tersembunyi di sepanjang sungai yang mengalir melalui Kamp Siwangun Indah ini merupakan aliran Sungai Simahi dari Situ Lembang.

Air Terjun Sikawari merupakan anak air terjun dari Air Terjun Maribaya yang sudah terkenal sebelumnya dan terletak di Desa Sikondong Lamajang Panlangengan, Sibodas, Lembang, Bandung Barat.

Wisatawan yang ingin melihat keindahan Kurug Sikavari harus berjalan kaki sebentar dari Kurug Maribaya. Jaraknya cukup jauh dan berhutan, sehingga lebih tersembunyi dibandingkan air terjun utama.

Kurug Katumiri merupakan air terjun kedua dalam rangkaian yang panjangnya sekitar 1 km dimulai dari Kurug Malela. Air terjun ini terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Ronga, Kabupaten Bandung Barat.

Wisata Bandung Ii: Curug Cimahi/curug Pelangi Dan Curug Aseupan

Meski lebih tersembunyi dari Air Terjun Malela, air terjun ini tidak kalah dengan Niagara mini Bandung Barat. Karena tersembunyi, air terjun ini masih lebih sepi dari air terjun utama.

Air terjun yang berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Sisarua, Kabupaten Bandung Barat ini sebelum ditutup sebagai salah satu tempat latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrong.

Kurug Leung merupakan air terjun setinggi 4 meter, namun memiliki kolam besar untuk berenang. Ini adalah air terjun tertinggi di sungai Simahi yang panjang.

Curug Lembang

Oh! Kamp Siwangun Indah, Desa Siwangan, Desa Sihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat Sekitarnya, pengunjung disuguhi air terjun yang dikelilingi jurang yang tinggi.

Curug Bugbrug Bandung Foto Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Terbaru Juni 2023

Sungai Sidadap yang mengalir di daerah Rongga mengalir hingga Gunung Halu, sungai kecil di daerah Sipongkor hingga membentuk air terjun dari Gunung Kendeng Siwide. Gunung Kendeng adalah gunung berapi purba yang telah punah di tingkat Sundar Raya.

Sungai sepanjang kurang lebih 1 km ini mengalir dari Air Terjun Malela dan air terjun lainnya di Desa Cicadas, Kecamatan Ronga, Bandung Barat. Dimulai dari Air Terjun Malela, Air Terjun Katumiri, Air Terjun Manglid, Air Terjun Ngable, Air Terjun Sumpel, Air Terjun Palsir dan terakhir Air Terjun Pamengpeak.

Air terjun itu akhirnya menarik perhatian pemerintah setempat. Dengan merevitalisasi Air Terjun Malela akan membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Kenyamanan jalan tidak sesulit dulu. Seiring dengan tersedianya sepeda motor, jalan menuju air terjun juga mulai diperbaiki.

Kurug Ngebel merupakan salah satu dari tujuh air terjun terpanjang di Sungai Siddap yang bersumber dari Kurug Malela. Meski tidak setenar Malela, Kurug Ngable bisa dijadikan tempat wisata saat berkunjung ke Bandung Barat.

Nikmatnya Berendam Di Curug Cipanas Nagrak Lembang, Bikin Badan Lebih Rileksbuletin Indonesia Newskebenaran Lahir Dari Kejujuran, Bukan Dari Sebuah Pembenaran

Artinya asap atau debu. Karena merupakan air terjun yang sangat deras, menimbulkan efek asap di sekitar air terjun.

Aliran Sungai Simahi yang berasal dari Situ Lembang juga mengalir ke air terjun Kurug Lale. Berada di Desa Padasih, Sisarua, Bandung Barat, air terjun ini juga belum banyak dikunjungi orang.

Disebut demikian karena banyak kelelawar beterbangan di sekitar air terjun. Mereka tinggal di salah satu ceruk membentuk gua kecil di sekitar air terjun.

Curug Lembang

Air terjun lain yang searah dengan Sungai Simahi atau Sungai Simahi adalah Air Terjun Bugbrug yang berada di kawasan yang sama dengan Kamp Siwangun Inda, Sihanjuang Rahayu, Parongpong, Sihanjuang Rahayu, Kek. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Rute Dan Lokasi Curug Cipanas Nagrak Lembang Bandung

Curug Pameungpek merupakan air terjun terakhir dari rangkaian air terjun di Sungai Cidadap yang berasal dari Ciwidey. Jika air terjun yang pertama berada di Kecamatan Ronga, air terjun yang terakhir ini lebih tepatnya berada di Kecamatan Gunung Halu di Bandung Barat.

Sebagai air terjun terakhir, Pamyungpuk tidak banyak dikunjungi wisatawan dari luar Bandung Barat, sehingga air terjun ini masih sepi dibandingkan Air Terjun Malela di atas.

Seperti Curug Pameungpeuk, Curug Sumpel tidak banyak dikunjungi wisatawan. Inilah air terjun kelima di Kali Siddap yang mengalir di kawasan Balai Gunung Bandung Barat.

Disebut Kurug Sumpel karena aliran air terjun ini seolah keluar dari bebatuan. Meski tidak setinggi dan selebar Malela, air terjun ini cukup indah untuk diabadikan dalam potret. Selain alirannya, bebatuan di sekitar air terjun juga menambah keindahan air terjun.

Wisata Alam Bandung Yang Tersembunyi, Masih Asri Dan Jarang Dikunjungi

Ada lima belas air terjun cantik yang tersebar di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Masih cukup tersembunyi, dengan beberapa akses yang sulit, rata-rata air terjun di kawasan ini masih belum terjamah oleh sebagian besar wisatawan. Namun, baru-baru ini Pemda Kabupaten Bandung Barat mulai mengeksplorasi kekayaan alam KBB yang sangat berharga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan wadah untuk menulis. Semua kontribusi tertulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Selain menikmati keindahan alam yang asri, warga Bandung juga bisa menikmati aliran air yang jatuh dari ketinggian puluhan atau ratusan meter. Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki banyak curug atau air terjun. Ingin tahu di mana? Sini, Selamat Idul Fitri..

Kurug Sithambur, nama air terjun ini memang tidak sepopuler Kurug Malela dan Kurug Simahi. Namun untuk keindahan panoramanya dijamin tidak kalah eksotik dengan dua air terjun terkenal tersebut. Curug Citambur terletak di perbatasan Kabupaten Ciwidey dan Cianjur. Akses jalan menuju tempat eksotik ini sangat sulit. Meniup jutaan volume jatuh bebas dari tebing setinggi 100 meter (versi Google Earth). Menurut warga sekitar dan pemerintah setempat, air terjun ini memiliki tinggi 130 meter. Dari jarak 50 meter, percikan airnya sangat deras. Konon, dulu aliran air air terjun lebih besar dari sekarang, hingga air yang jatuh mengeluarkan suara.

Curug Lembang

Air Terjun Malela disebut-sebut sebagai Niagara mini di Ujung Barat Bandung. Lebarnya 70 meter dan tingginya 60 meter. Air Terjun Malela terletak di Desa Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Ronga, Kabupaten Bandung Barat. Air Terjun Malela dinamai Prabhu Taji Malela, tokoh masyarakat setempat yang makamnya dapat dilihat di bukit di sebelah kanan air terjun. Batuan tersebut dilaporkan berusia 5 hingga 10 juta tahun dan terbentuk dari letusan gunung api purba di selatan Bandung.

Curug Maribaya Bandung Dengan Keeksotisan Alamnya Yang Asri

Kurug Dago menyimpan jejak sejarah Kerajaan Thailand di Indonesia. Tak jauh dari air terjun, terdapat dua prasasti batu tulis bertanggal 1818. Menurut ahli sejarah, dua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V (Prabu Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradajatipok Faramintara) yang berkunjung ke Coorg Dago. . . Ada dua prasasti dalam aksara dan bahasa Thailand. Curug Dago Desa Ciumbuleuit Kecamatan Cidadap merupakan kawasan wisata yang terletak di Desa Curug Dago. Lokasinya sangat tersembunyi. Air terjun ini termasuk dalam Taman Hutan Raya Juanda (THR). THR Di antara tempat wisata di Juanda, Kurug Dago biasanya paling sedikit dikunjungi.

Curug Maribaya kini menjadi resort yang dikelola swasta. Fasilitas lebih lengkap, terawat dan bersih. Kini Air Terjun Maribaya telah berganti nama menjadi Maribaya Natural Hot Spring Resort. Fasilitas yang tersedia: Pujasera Langlong Buana, Kolam Pemancingan Talaga Giri, Kolam Pemancingan Talaga Giri, Area Barbekyu Song Iteng, Kolam Ikan Air Dingin, Kolam Rendam Kaki Air Panas, Kolam Pemandian Air Panas Alami, Twig Cafe dengan kapasitas 250, Yoga. Bukit Swargaloka, Kolam Wading VIP Tirtha Savarna, Pemandian Tirtha Raga, Amphitheatre Bale Piton, Sky Bridge di area Bale Piton.

Wisata Kurug Jompong Bandung merupakan air terjun yang mengalir dari Sungai Citarum. Air terjun ini pernah dijadikan tempat wisata dan tercatat dalam buku panduan wisata Bandung/Priangan pada tahun 20-30-an dan dibangun dari batu-batu purba. Kurug Jompong sangat signifikan dalam urutan geohistoris Bandung. Di antara buku-buku asing, Kurug Jompong sangat populer. Pada tahun 1936, van Bemmelen, seorang ahli geologi yang menyusun buku The Geology of Indonesia, menulis dalam peta deskripsi bahwa situs Si Mahi dan Si Tarum di sekitar Kurug Jompong merupakan contoh yang baik dari keberadaan batuan.

Lembang, curug layung lembang, curug maribaya lembang, curug di lembang, curug cipanas lembang, curug cimahi lembang, curug maribaya lembang bandung, curug cilember, perumahan curug, curug cimahi, curug nangka, curug hejo

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tempat Wisata Alam Bandung Murah
Next post Wisata Dusun Bambu Lembang Bandung